Gfz7GUM9Tpr6BUdoTSr6TUr8BY==

Bupati Lamongan Ajak PPK Baru Kawal Pilkada 2024 dengan Profesionalitas dan Kredibilitas

(Ist)

LAMONGAN, LamonganTerkini.id - Dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lamongan yang berlangsung pada Kamis (16/5) di Rumah Makan Aqilla, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak 135 anggota PPK (masing-masing lima anggota per kecamatan) yang baru saja dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan Mahrus Ali untuk memastikan kesuksesan Pilkada 2024.

Selain itu, Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes juga meminta agar PPK yang baru dilantik melayani hak konstitusional masyarakat dengan baik.

"Pertama saya ucapkan selamat kepada seluruh PPK yang baru saja dilantik. Saya mengajak saudara semua untuk kawal keberhasilan Pilkada serentak 2024. Karena Pilkada ini merupakan salah satu media menyalurkan hak konstitusional masyarakat," ujar Pak Yes.

Pak Yes menekankan bahwa kesuksesan Pilkada dapat dicapai dengan menerapkan kredibilitas dan profesionalitas para petugas. Selain itu, azas Luber-Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil) harus diterapkan untuk memastikan keadilan dalam proses pemilihan.

"Pelaksanaan Pilkada tahun ini harus berhasil, seperti halnya keberhasilan pelaksanaan Pemilu yang ditandai dengan partisipasi masyarakat mencapai angka di atas 80%. Keberhasilan tentu dapat diwujudkan salah satunya dengan tanggung jawab, kredibilitas dan profesionalitas PPK," terang Pak Yes.

Lebih lanjut, Pak Yes mengingatkan bahwa ada tantangan dalam mengawal proses demokrasi di Lamongan, mengingat Lamongan merupakan daerah dengan jumlah desa terbanyak di Jawa Timur, yakni 462 desa dan 12 kelurahan. Hal ini harus dijadikan acuan untuk terus meningkatkan kolaborasi antar tim.

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak nasional yang akan berlangsung pada 27 November 2024, Pak Yes mengimbau agar PPK Lamongan memanfaatkan momentum ini untuk memberikan sosialisasi terkait literasi Pilkada kepada masyarakat.

"Di era gencarnya kemajuan teknologi informasi, hal ini harus dimanfaatkan untuk efektivitas penyelenggaraan pemilu. Sosial media dapat dijadikan media untuk edukasi kepada masyarakat," kata Pak Yes.

Anggota PPK Pilkada Lamongan yang baru saja dilantik telah melalui seleksi administrasi hingga tes tertulis. Menurut Mahrus Ali, rangkaian seleksi tersebut bertujuan untuk mewujudkan anggota yang memiliki integritas tinggi, sehingga dapat melaksanakan pesta demokrasi yang bermartabat.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network